Masukkan email anda untuk dikirimi update artikel blog ini

27 Januari 2009

Cara Membuat Grafik Pareto




Yang ini susah-susah gampang, saya tulis disini sekalian buat ngingatin saya sendiri jika sewaktu-waktu lupa lagi pada saat membutuhkannya.
Yang menarik dari grafik Pareto adalah adanya dua buah Chart dalam satu grafik, yaitu:
1) Chart Kolom (Column) yang mewakili kategori
2) Chart Garis (Line) yang mewakili persentasi kumulativ.

Cara membuatnya:
1> Pastikan data sudah di sort Descending pada kolom "%", sehingga akan berurutan dari persentasi paling tinggi ke paling bawah. Untuk perhatian, data di kolom "Nilai" akan kita gunakan untuk Chart Column dan data di kolom "Cumulative" buat Chart Line
2> Sorot semua data kecuali data "%" ( silahkan lihat ilustrasi berikut sebagai contoh)













3>Klik menu "Insert --> Chart" lalu pilih tipe "Line" untuk Chart nya. Klik tab "Next", lalu Klik "Columns" dikuti Klik tab "Next"
4> Lalu isilah Chart Name:,Category (X) axis:, Value (Y) axis:, lalu Klik tab "Next" lagi, lalu Klik tab "Finish", Akan muncul grafik seperti berikut:









5> Dobel Klik pada Chart Cumulative, Klik "Secondary axis" , lalu Klik tab "OK"
6> Klik pada Chart Nilai, lalu Klik kanan, Klik Chart type..., Klik Column untuk mengubah type chart.Akhiri dengan meng Klik tab "OK"
Secara garis besar Grafik Pareto sudah selesai, cuma untuk tampilan yang lebih baik tinggal dilakukan beberapa modifikasi tampilan saja agar lebih menarik.















Komentar Terbaru

Jumlah orang yang sudah berlangganan blog ini
 

KerjainSendiri.com. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com, adapted by KerjainSendiri.com team